Hadiri Pelantikan Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta, Rina Saadah: Jadikan Pemuda Tani HKTI Sebagai Rumah

Dewan pimpinan wilayah (DPD) Pemuda Tani HKTI DKI Jakarta melaksanakan pelantikan kepengurusan masa khidmat 2021 2026 dan peringatan Sumpah Pemuda di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, pada Kamis (28/10/21). Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Saadah dalam sambutannya bahwa sektor pertanian adalah sektor yang tangguh. "Di tengah pandemi Covid 19 ini, terjadi banyak sekali pemberhentian kerja, PHK, yang pada akhirnya kehilangan pekerjaan dan menambah jumlah pengangguran dan kemiskinan. Sektor pertanian adalah sektor yang tangguh dengan segala badai yang melanda," ujarnya.

Lebih lanjut, Rina Saadah mengajak kaum muda untuk terjung ke dunia pertanian dan bersama sama merubah paradigma petani. "Petani selalu diidentikan pekerjaan orang tua dan tak menjamin kesejahteraan, paradigma tersebut harus kita rubah, sebab ditengah kemajuan teknologi dan inovasi, kedepan pertanian adalah sektor pekerjaan yang sangat menjanjikan, disamping itu dengan berpartisipasi dalam bidang pertanian kita juga secara langsung menjaga kelanggengan pertanian Indonesia sebagai Soko guru perekonomian bangsa ini," pungkasnya. Dalam sambutan akhirnya, Pemudi Progresif yang biasa disapa Kak Rina ini meminta pemerintah untuk terus memperhatikan kesejahteraan petani.

"Kita Pemuda Tani HKTI bertanggung jawab untuk menjadi penyambung harapan harapan kesejahteraan petani Indonesia terhadap kebijakan pemerintah, kita terus belajar untuk menjadi jembatan advokasi petani sehingga petani Indonesia merasa memiliki rumah untuk mengadu," tutupnya. Dalam pelantikan tersebut turut dihadiri jajaran pengurus DPP Pemuda Tani HKTI, Ketua DPD HKTI DKI Jakarta, dan seluruh ketua DPD Pemuda Tani HKTI se Indonesia yang telah ada di 20 provinsi di Indonesia. Ketua DPD Pemuda Tani DKI Jakarta Aji Andika Mufti, l mengatakan, kedaulatan pangan menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa.

Dalam hal ini, Pemuda tani sangat potensial untuk ikut berkontribusi dan berperan aktif dalam perjuangan mewujudkan kedaulatan pangan secara terintegrasi dan berkesinambungan. "Salah satunya dengan peningkatan kapasitas produksi yang ramah lingkungan, dengan jaringan distribusi pasar lokal dan internasional baik BTG – BTB & BTC & akses permodalan yang terjangkau," katanya. Lantas bagaimana peran Pemuda Tani DKI Jakarta, apa yang bisa dilakukan dengan keterbatasan lahan untuk bercocok tanam di Jakarta?

Menurut dia, bertani di Jakarta sama seperti di perdesaan bukan masalah. Dengan perkembangan teknolog pertanian, pertanian urban dapat berupa pertanian vertikal, hidroponik, atau aquaponik. Di negara kecil seperti Singapura, Sky Greens menjadi perusahaan yang berhasil menerapkan pertanian vertikal.

"Sedangkan aquaponik dalam ruangan, telah dikembangkan di Chicago, Amerika Serikat. Produksinya diklaim mencapai 15 kali lebih banyak dibandingkan pertanian tradisional," bebernya. Pemuda Tani DKI Jakarta juga bisa menjadi hub pemasaran hasil produksi pertanian nasional. Artinya sebagai penghubung produksi pertanian PemudaTani HKTIdi Daerah lain dengan pihak dunia usaha dan dunia industri.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>