Liga Inggris: Era Abramovich Rampung, Chelsea Sah Dibeli Pemilik LA Dodgers Pimpinan Todd Boehly

Sejarah baru akhirnya dimulai klub elite Liga Inggris, Chelsea. Kini klub asal London ini sah resmi berganti pemilik. Jika sebelumnya, The Blues sempat dipegang oleh taipan asal Rusia, Roman Abramovich. Kini, pemilik dua gelar Liga Champions tersebut diambil alih oleh konsorsium asal AS pimpinan Todd Boehly.

Dalam rilis laman resmi , mereka membuat pernyataan sudah tercapainya kesepakatan dengan kelompok pemilik baru yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter, dan Hansjoerg Wyss. "Chelsea Football Club dapat mengonfirmasi bahwa persyaratan telah disetujui untuk grup kepemilikan baru, yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter dan Hansjoerg Wyss, untuk mengakuisisi klub," bunyi pernyataan Chelsea, Sabtu (7/5/2022). "Dari total investasi sebanyak 2,5 miliar poundsterling, akan digunakan untuk membeli saham di klub. Sedangkan dana penjualan akan disimpan pada rekening yang telah dibukukan di Bank Inggris dengan tujuan amal seperti yang telah disampaikan pemilik sebelumnya."

Sejumlah gebrakan anyar akan dilakukan pemilik Chelsea untuk membangun dinasti baru. Di antaranya ialah investasi untuk sarana di Stamford Bridge Stadium, pengembangan akademi, tim wanita The Blues, maupun pendanaan Chelsea Foundation. Proses peralihan status kepemilikan klub ini diproyeksikan akan rampung pada bulan Mei.

"Penjualan diharapkan selesai pada akhir Mei nanti, termasuk menunggu persetujuan dari bergagai pihak yang dibutuhkan," terang Chelsea. Chelsea sebelumnya dimiliki oleh Roman Abramovich. Di era Abramovich, Chelsea menjelma menjadi kekuatan besar di Inggris maupun Eropa.

Dengan gelontoran dana besar dari Abramovich, Chelsea bisa memenangkan gelar gelar bergengsi mulai dari Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, Liga Europa, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub Sedikit informasi saja, Tod Boehly merupakan pemilik saham sebagian dari klub baseball Amerika Serikat, LA Dodgers. Selain itu, Boehly menggandeng penguasaha asal Swiss Hansjorg Wyss dan Clearlake Capital sebagai pendukungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>